Kejaksaan Berharap Dapat Lebih Berkoordinasi dengan KPK

Berdasarkan Keputusan Presiden No.72/P/Tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik dan mengambil sumpah jabatan lima pimpinan KPK, Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Busyo Muqqodas, Adnan Pandupraja, dan Zulkarnain. Dengan ini, Abraham Samad bersama keempat wakilnya, resmi menjadi pimpinan KPK periode 2011-2015. Atas pelantikan tersebut, Wakil Jaksa Agung Darmono mengatakan akan segera membahas pengganti Zulkarnain dari posisi Staf Ahli Jaksa Agung bidang Intelijen.

“Kebetulan yang bersangkutan memang habis masa jabatannya pada 1 Desember 2011 ini. Jadi, nanti pasti akan kami proses untuk penggantinya,” ujarnya, Jumat (16/12). Lebih dari itu, Darmono berharap dengan adanya Zulkarnain di KPK, koordinasi antara Kejaksaan dan KPK akan lebih baik, saling melengkapi. Seperti kemarin ketika KPK menangkap pegawai Pengadilan Pajak yang tidak ada keterlibatan penyelenggara negara, lalu kasusnya diserahkan kepada Kejaksaan. “Jadi, koordinasi semacam ini yang idealnya dalam harapan kami dapat ditingkatkan,” katanya. Sementara, Jaksa Agung Muda Pengawasan Marwan Effendy mengatakan bahwa dalam susunan pimpinan KPK, suka atau tidak suka memang harus ada Jaksa di dalamnya. Sebab, yang memiliki pengalaman di bidang penyidikan dan penuntutan adalah Jaksa. Sebagai sesama lembaga penegak hukum, lanjut Marwan, kerja sama antara KPK dan Kejaksaan harus tetap dilakukan. Termasuk dalam hal memberantas Jaksa nakal, fungsi koordinasi KPK harus tetap dilakukan. “Sayang hal itu dari dulu tidak pernah dilakukan KPK karena lebih senang mengedepankan penindakan yang akan mendapat pemberitaan luas,” tutur mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus ini.Marwan berharap dengan pimpinan KPK yang baru, fungsi koordinasi itu dapat diwujudkan, terlepas ada tidaknya Jaksa diantaranya. “Lebih-lebih dengan adanya Pak Zulkarnain di situ.”

Zulkarnain, dalam fit and proper test di Komisi III DPR awal November lalu sempat menyarankan apabila ada Jaksa yang ditangkap KPK, sebaiknya pemeriksaan dan penanganannya tidak ditangani langsung sendiri oleh KPK. Apalagi, Jaksa-jaksa yang ditangkap KPK nilai penyuapannya tidak terlalu signifikan. “Pimpinan harus berkoordinasi dengan baik. Polisi atau Jaksa silahkan proses karena jumlah (suapnya) tak besar,” tukasnya saat dimintai tanggapan oleh politisi PAN Teguh Juwarno soal penangkapan sejumlah Jaksa yang dilakukan KPK. Zulkarnain mengaku langkah penangkapan seperti itu sangat dilematis. Namun demikian, Zulkarnain berpendapat, dari segi hukum memang langkah penangkapan itu adalah langkah yang tepat. Selain itu, bisa menjadi bahan introspeksi bagi Jaksa-jaksa lainnya. Dan, disamping penangkapan, langkah pencegahan pun harus dilakukan, bahkan untuk seluru aparat penegak hukum, termasuk Kepolisian.

Sebagaimana diketahui, sejak 2008 lalu, sudah tiga orang Jaksa yang tertangkap tangan KPK sedang menerima suap. Ketiga Jaksa itu adalah Ketua Tim Jaksa Penyelidik kasus BLBI II Urip Tri Gunawan, Jaksa bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Tangerang Dwi Seno Widjanarko, dan Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejaksaan Negeri Cibinong Sistoyo. Penangkapan Jaksa-jaksa tersebut mencoreng wajah Kejaksaan yang sedang membangung kembali kepercayaan masyarakat. Untuk itu, Jaksa Agung Basrief Arief beberapa waktu lalu menekankan jajarannya untuk meningkatkan pengawasan melekat. Selain itu, Jaksa Agung juga mengeluarkan surat edaran khusus yang mempertegas pertanggungjawaban atasan ketika ada bawahan ataupun anggota yang melakukan perbuatan tercela. Apabila bawahan melakukan perbuatan tercela, atasannya pun turut bertanggung jawab.

Dikutip dari http://hukumonline.com/berita/baca/lt4eeb6e4a18d52/kejaksaan-berharap-dapat-lebih-berkoordinasi-dengan-kpk

This entry was posted in Hukum. Bookmark the permalink.

One Response to Kejaksaan Berharap Dapat Lebih Berkoordinasi dengan KPK

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s